AlbumJadul

Friday, June 29, 2007

Strategi Menembus Dunia Kerja

Yap hanya sebuah pandangan yang mungkin kita juga akan mengalaminya atau bahkan sedang mengalaminya. Dimana transisi dari dunia kampus ke dunia kerja yang berisikan Idealita, Teori, Akademik, Kekeluargaan, Kebebasan, ‘Molor’ dalam waktu berubah menjadi Realita, Praktek Konkrit, Profesi, Deal by deal, Aturan main, Tepat waktu dan lebih kearah Individual performance. Ya proses transisi ini semua memang memerlukan proses. Bisa jadi 1 bulan, 2 bulan, atau ada yang lebih dari 1 tahun.
Namun hal tersebut janganlah menjadi momok yang terlalu dibuat berat...apalagi bagi yang kena sindroma “fresh graduate” dimana ketika memasuki dunia kerja akan mengalami momok :
Belasan kirim lamaran, nggak pernah dipanggil
Beberapa kali dipanggil : gagal psikotest (kiat menghadapi psikotest)
Gugur gara-gara interview

Oleh karena tu hendaknya kita memiliki pengetahuan serta mengembangkan sikap dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menembus dunia kerja tersebut. Adapun hal-hal yang mungkin bermanfaat diperhatikan ketika memasuki dunia kerja antara lain :

Trends dalam Dunia Kerja
Dengan mengetahui kondisi yang terjadi pada dunia kerja saat ini meliputi harapan, kebutuhan serta tuntutan yang harus dipenuhi oleh para pencari kerja. Sehingga kita dapat diharapkan mengembangkan pengetahuan, keterampilan serta sikap yang mendukung diri kita untuk diterima dalam kondisi dunia kerja saat ini dan masa yang akan datang. Nah seperti lahan kesehatan tak akan surut diterjang ekonomi....jadi OPTIMISLAH.....perbaikan dari sisi penghargaan “salary” pasti akan membaik.


Self Asessment
Kemudian berlanjut ke area personal, dimana dengan menyadari kondisi personal saat ini yang meliputi kemampuan, minat dan bakat serta prestasi yang telah diraih selama ini. Karena hal tersebut akan mempengaruhi peluang serta pilihan karir/pekerjaan selanjutnya. Nah bagi teen FIK'ers peluang bisa di Kesehatan atau bahkan Non Kesehatan. Semua bisa dilihat. Mungkin sebagai contoh kaau kita suka sekali dengan praktek klinik dan suka dengan merawat klien maka area kerja mungkin cocok di RS.......Sedangkan bagi yang senag dimasyarakat atau kantoran bisa bekerja di LSM ataupun birokrasi pemerintahan sebagai honorer


Memilih Pekerjaan dan Karir
Nah setelah mengetahui dan menyadari kondisi diri dan tuntutan dunia kerja, maka kita mulai akan bisa mereview lagi untuk memilih pekerjaan dan karir yang sesuai pada saat ini dan masa yang akan datang. Pemilihan tersebut didasari dengan kondisi yang mengikutinya, serta pentingnya perencanaan untuk menghadapi kondisi tersebut. Nah sudahkah kita membuat rencana jangka pendek dan jangka panjang.....???


Menghadapi Psikotes & Memenangkan Interview
Nah kalau hal ini lebih kearah pengalaman dan kejelian kita membaca situasi...banyak referensi juga yang membahas ini. Kita bisa menimba ilmu dengan membaca banya referensi psikotes ataupun share dengan yang telah bekerja.

Yang terakhir adalah selalu buka Pintu-pintu Lowongan Pekerjaan
1.Iklan di koran
2.Iklan di internet : Job search from the web(daftar job search from internet)
3.Rekomendasi / referensi : teman, saudara, millis, dosen, alumni
4.Carrerr centre / consultant
5.Rekruitmen kampus
6.Follow up Kerja Praktek


Yup semoga bisa bermanfaat bagi siapa saja terutama FIK'ers

No comments: