AlbumJadul

Sunday, June 10, 2007

Carut Marutnya Sistem Pendidikan Profesi ini

Yah semakin padat sistem pendidikan kita(keperawatan). Padat akan menjamurnya Akper, STIKES(yang ada keperawatannya), FIK baru disana-disini yang mungkin dipertanyakan akreditasinya ataupun kualitas pendidikannya. Memang kalau dipandang dari sisi bisnis ini merupakan lahan bisnis yang cukup signifikan menghasilkan uang. Tapi…..
Kita belum selesai dengan menjamurnya akper dan STIKES tadi sekarang ditambah lagi D4 Keperawatan. Yah mau di taruh dimana itu lulusan nantinya....la wong yang akper dan S1 aja masih belum jelas posisinya dilahan praktek. Ditambah lagi lulusan D4...waduh profesi ini akan jadi hutan dimana hukum rimba akan berlaku. Siapa kuat dia yang menang. Dalam artian siapa yang mau kerja sesuai permintaan perusahaan/RS(kan biasanya mereka maunya gaji rendah...dan kontrakan sehingga bisa didepak sewaktu2 bila kitanya “perawat” macem2) yuk ayo gabung....yang gak mau ya dibelakang masih ngantri buanyak banget. Ya yang S1 biasanya milih2, DIII terima aja, D4 mau apa??? Heeee hanya opini lho.
Ya ini terstimulus dari beberapa fenomena. Pertama penulis melihat pengumuman pendaftaran D4 Keperawatan di salah satu PTS di Jakarta Timur, terus kasus temen Semarang dimana POLTEKES SEMARANG sudah membuka pendaftaran D IV, serta di daerah samarinda. Padahal sepertinya sejak lama PPNI telah menolak D4 Keperawatan karena akan menambah ruwet sistem profesi yang lagi digodok menuju hal yang lebih profesional.
Tapi sepertinya belum ada keberaniaan untuk mengatakan tidak. Ya karena perijinan pendirian itu kan bukan wewenang PPNI semata. DEPKES, DIKNAS juga berperan. Nah 2 lembaga terakhir inilah mungkin belum begitu paham impian PPNI yang melangit soal profesi keperawatan. Jadi tak satu persepsi tentang jenjang pendidikan keperawatan. So RUWET dan semakin Carut MaRUt dech.



....Ini hanya sebuah wacana,,,...solusi dan saran diserahkan ke persepsi pembaca...........
From MeditasiFIK_Pers...di www.friendster.com

No comments: