AlbumJadul

Friday, October 24, 2008

Up Date Data Pengurus NSI 2007 -2008

Lowongan PNS di DEPKES

Info Lowongan di Area Depkes dan instansi terkait seluruh Indonesia ada di www.ropeg-depkes.or.id
Bisa diakses on line. Met mencoba

Monday, October 20, 2008

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil

P E N G U M U M A N

Nomor : 01/S.Peng/X-X.3/10/2008
PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
TINGKAT SARJANA DAN DIPLOMA III
TAHUN ANGGARAN 2008/2009

Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia, lembaga negara yang mempunyai tugas pokok memeriksa pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara, membuka kesempatan kepada Warga Negara Indonesia, pria dan wanita, lulusan Sarjana dan Diploma III untuk diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan II / III dan ditempatkan pada Kantor Pusat/Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :

I. FORMASI Sarjana (S1) dengan Fakultas/Jurusan/Program Studi :


NO

FAKULTAS

JURUSAN

PROGRAM STUDI

FORMASI

KODE JURUSAN

1

EKONOMI Akuntansi
Manajemen
Ilmu Ekonomi

Umum/Keuangan/SDM

130
16
10

AK
MN
SP

2

HUKUM Ilmu Hukum

35

HU

3

TEKNIK Teknik Sipil
Teknik Industri
Teknik Pertambangan/Geologi
Teknik Arsitektur

10
5
4
5

TS
TI
TP
TA

4

TEKNIK/MIPA Teknik Informatika/Komputer

10

TK

5

ILMU SOSIAL DAN
ILMU POLITIK
Ilmu Komunikasi /
Komunikasi Massa
Administrasi Negara/Publik

10

24

IK

AN

6

PERTANIAN Pertanian Teknologi Pertanian

5

PT

7

ILMU KEPERAWATAN Ilmu Keperawatan

5

IP

8

PSIKOLOGI Psikologi

5

PS

9

SASTRA Sastra Indonesia

2

SI


II. PERSYARATAN KHUSUS
  1. Persyaratan Akademis untuk Sarjana dan Diploma III (dalam skala 4)
    1. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A,
      IPK : minimal 2,50 (dua koma lima nol);
    2. Lulusan Perguruan Tinggi Negeri yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori B,
      IPK : minimal 2,75 (dua koma tujuh lima);
    3. Lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang terakreditasi Badan Akreditasi Nasional dengan Kategori A,
      IPK : minimal 3,00 (tiga koma nol);
  2. Usia
    1. Berusia setinggi-tingginya 30 tahun per tanggal 1 Mei 2009 untuk tingkat Sarjana;
    2. Berusia setinggi-tingginya 25 tahun per tanggal 1 Mei 2009 untuk tingkat Diploma III;
  3. Belum pernah menikah dan bersedia tidak menikah sampai dengan diterimanya petikan Surat Keputusan Sekretaris Jenderal BPK-RI tentang Pengangkatan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS).

III. PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI dilaksanakan dengan mekanisme sebagai berikut :
    1. Mengisi Formulir Lamaran yang tersedia secara online pada website CPNS BPK-RI mulai tanggal 19 Oktober 2008 sampai dengan tanggal 25 Oktober 2008 pada website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id untuk memperoleh bukti registrasi pendaftaran yang print out-nya harus dilampirkan bersama dengan berkas lamaran.

    2. Mengirimkan Berkas Lamaran yang dilampiri print out bukti registrasi pendaftaran dan diterima Panitia selambat-lambatnya tanggal 01 Nopember 2008 serta ditujukan kepada :

      PANITIA PENERIMAAN CALON PEGAWAI NEGERI SIPIL
      BADAN PEMERIKSA KEUANGAN REPUBLIK INDONESIA
      PO BOX 1401
      JKP 10210

  2. Berkas Lamaran sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf b di atas terdiri dari :
    1. Surat Lamaran dengan ditulis tangan.
    2. Daftar Riwayat Hidup sesuai formulir yang dapat diunduh pada website CPNS BPK-RI.
    3. Pas foto terakhir ukuran 4x6 (berwarna) sebanyak 3 lembar
      (Bagian belakang foto ditulisi nama dan jurusan studi pelamar);
    4. Fotokopi KTP yang masih berlaku;
    5. Fotokopi ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah Sementara dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir (cap dan tanda tangan asli) oleh Dekan/Pembantu Dekan I/Direktur Program.

    6. Fotokopi Akte Kelahiran
    7. Surat Pernyataan belum menikah dan bersedia tidak menikah yang dapat diunduh pada website CPNS BPK-RI.

  3. Berkas Lamaran sebagaimana disebutkan pada angka 2 di atas, disusun rapi sesuai urutan di atas dimasukkan dalam map (warna bebas) dengan bagian depan map ditempeli print out bukti registrasi pendaftaran.

  4. Berkas lamaran sebagaimana disebutkan dalam angka 3 kemudian dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan diberi KODE JURUSAN sesuai Kode Formasi pada kanan atas amplop.

  5. Panitia hanya menerima lamaran yang dilampiri print out register pendaftaran dan disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas serta tidak menerima lamaran dengan format lain.

  6. Bagi Pelamar yang menggunakan Surat Keterangan Lulus atau Ijazah Sementara harus dapat menunjukkan Ijazah Asli pada saat tahapan wawancara orientasi.

  7. Setiap Pelamar hanya diperkenankan mengirimkan satu berkas lamaran.
  8. Berkas lamaran yang tidak memenuhi persyaratan tersebut di atas tidak akan diproses.
  9. Berkas lamaran yang diterima Panitia tidak dapat diminta kembali.
IV. TAHAPAN DAN PELAKSANAAN SELEKSI
  1. Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:
    1. Administratif;
    2. Pengetahuan Umum, meliputi :
      1). Tes Potensi Akademik (TPA);
      2). English Proficiency Test ; dan
      3). Tes Pengetahuan Bahasa Indonesia (TPBI);
    3. Psikotes; serta
    4. Wawancara Orientasi.
  2. Pelamar yang telah memenuhi ketentuan pendaftaran dan persyaratan administratif akan dipanggil untuk mengikuti tahap seleksi Penerimaan CPNS berikutnya.

  3. Setiap Pelamar yang berhak mengikuti seleksi akan diumumkan per tahap melalui website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id

  4. Surat panggilan untuk mengikuti ujian per tahap akan dikirim ke alamat peserta.
  5. Pelaksanaan seleksi penerimaan CPNS akan dilaksanakan secara serempak di seluruh Indonesia berdasarkan pilihan lokasi ujian sebagaimana tercantum dalam website Penerimaan CPNS BPK-RI.

  6. Kartu Peserta Ujian (KPU) harus diambil sendiri oleh peserta ujian di kantor BPK sesuai dengan lokasi ujian dan jadwal waktu pengambilan dengan menunjukkan Surat Panggilan beserta kartu identitas diri (KTP asli) peserta.

  7. Jadwal pengambilan Kartu Tanda Peserta Ujian akan diumumkan melalui website Penerimaan CPNS BPK-RI.
  8. Apabila peserta belum menerima surat panggilan per pos, maka pengumuman melalui website CPNS BPK-RI dapat dianggap sebagai surat panggilan setelah dilaporkan dan dinyatakan benar oleh Panitia.

  9. Seleksi Penerimaan CPNS per tahap dilakukan dengan sistem gugur dan Keputusan kelulusan yang ditetapkan oleh Panitia tidak dapat diganggu gugat.

V. LAIN-LAIN
  1. Seleksi masuk Calon Pegawai Negeri Sipil BPK-RI sama sekali tidak dipungut biaya.
  2. Berkas Lamaran yang dikirim kepada Panitia Penerimaan CPNS BPK-RI Tahun 2008/2009 sebelum pengumuman ini diterbitkan dianggap tidak berlaku dan tidak diproses untuk pelaksanaan seleksi.

  3. Peserta yang dinyatakan lulus pada tahap terakhir dan akan diangkat menjadi CPNS BPK RI wajib menyerahkan Ijazah Asli sesuai formasi untuk disimpan pada Biro SDM BPK RI selama 4 Tahun.

  4. Bagi mereka yang telah dinyatakan lulus pada tahap akhir seleksi dan akan diproses untuk pengusulan sebagai CPNS BPK-RI tetapi mengundurkan diri dan atau apabila selama dalam jangka waktu 4 (empat) tahun ikatan wajib kerja yang telah diperjanjikan mengundurkan diri diwajibkan membayar ganti rugi sebesar Rp 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) untuk disetorkan ke Kas Negara.

  5. Apabila dalam jangka waktu ikatan wajib kerja tersebut, CPNS atau PNS tidak melakukan kewajibannya dan atau melarikan diri dari kewajibannya dan atau setelah diumumkannya hasil seleksi tahap akhir penerimaan CPNS BPK-RI diketahui adanya data atau ketentuan yang tidak benar, BPK-RI akan membatalkan kelulusan/proses pengusulan menjadi CPNS, memberhentikan sebagai PNS serta melakukan proses hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

  6. Informasi resmi yang terkait dengan Penerimaan CPNS BPK-RI 2008/2009 adalah website CPNS BPK-RI http://cpns.bpk.go.id

  7. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Panitia Penerimaan CPNS No. Telp: (021) 5704395 ext. 382/386 setiap hari kerja (jam 09.00 � 15.00 WIB) atau via e-mail ke panitiacpns@bpk.go.id.

VI. PENEMPATAN
  1. Calon Pegawai Negeri Sipil hasil penerimaan tahun 2008/2009 akan ditempatkan pada Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK-RI di seluruh Indonesia untuk mengisi kebutuhan sumber daya manusia sesuai formasi yang ditetapkan.

  2. Bagi Pelamar yang telah dinyatakan diterima dan diangkat sebagai CPNS, yang bersangkutan tidak dapat menolak/menunda penempatan dengan alasan apapun.


Jakarta, 17 Oktober 2008
BADAN PEMERIKSA KEUANGAN RI
SEKRETARIS JENDERAL
selaku
Ketua Panitia
Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil
Badan Pemeriksa Keuangan RI
Tahun 2008/2009
Drs. DHARMA BHAKTI, MA.
NIP. 060049770

Thursday, October 16, 2008

Keamanan dan Kenyamanan Kerja Kita….PERAWAT

(Hanya sebuah pengalaman pribadi...)

Jika kita membicara keamanan dan kenyamanan kerja akan sangat subjektif adanya. Walaupun dibeberapa referensi banyak sekali menyebutkan beberapa hal yang diperlu dilakukan untuk mencapai kedua rasa tersebut, tapi rasanya pengalaman juga akan membentuk sebuah penilaian tersendiri. Terutama bagi kita yang bekerja sebagai perawat.

Rasa aman dan nyaman sepertinya lebih banyak pembahasannya ditujukan ke arah pasien. Dimana dimana-mana sekarang ini banyak sekali kita dengar slogan patient safetyt. Sebuah slogan yang menjadi target besar pelayanan keperawatan sekarang ini. Nah tanpa meremehkan tentang patient safety yang telah banyak dibahas, saya hanya sedikit ingin berbagi tentang pandangan saya terhadap rasa aman dan nyaman perawat. Rasa yang igin sekali ingin dicapai ketika bekerja.

Rasa aman dan nyaman perawat mungkin memang sangat tipis bariernya dengan patient safety. Suatu rasa yang alamiah dari kebutuhan dasar kita sebagai manusia. Apalagi kita yang secara langsung dan tak langsung berhubungan dengan kesehatan ataupun nyawa pasien. Jadi banyak rasa keamanan dan kenyamanan akan dicari dan dijaga baik dari , untuk ,dan oleh diri sendiri, pasien, keluarga, dan bahkan masyarakat.

Nah untuk mencapa rasa nyaman dan aman untuk kita sendiri, perawat, saya mempunyai 10 tips yang mungkin bermanfaat. Tips tersebut antara lain :

  1. Membekali diri dengan perijinan legal sebagai seorang profesional. Kita akan sangat familiar dengan SIP, SIK, bahkan SIPP. Oleh karena itu hendaknya itu menjadi lisensi kita untuk melakukan praktek keperawatan dimanapun kita berada.

Jadi minimal kita sudah terjaga dari sisi hukum. Dimana kita mendapat hak pembelaan dan hak perlindungan dari lembaga yang berwenang jika kita membutuhkannya.

  1. Jika kita bekerja diarea spesifik maka diperlukan sertifikasi khusus yang sesuai aturan legal formal wajarnya. Sebagai contoh sertifikat perawat bedah, sertifikat perawat anestesi. Ini akan menjadi nilai lebih kita dalam menjalankan kinerja. Karena kompetensi kita akan sesuai dengan tanggungjawab kita di lapangan.
  2. Melakukan Re-sertifikasi surat ijin praktek atau sertifikasi kekhususan kita sesuai periode yang berlaku. Ini dilakukan untuk terus menjaga kestabilan kompotensi kita. Karena tanpa kita sadari ketika kita menjalankan kerja kita terkadang terjebak dalam rutinitas. Khasanah ilmu kita yang luas terkadang ada yang terlupakan, sehingga re-sertifikasi merupakan ajang untuk kembali mereview lagi ilmu-ilmu yang menjadi standart untuk mendapatkan kembali lisensi tersebut.
  3. Memperkuat daya tahan tubuh kita dengan gaya hidup sehat yang holistik(bio, psiko, sosio, religi dan cultura) atau bahkan melakukan imunisasi. Karena kita merupakan agen perubah, bagaimana kita bisa melakukan penkes tapi kitanya tak pernah melakukannya. Selain itu juga kita pasti ingat dengan slogan didalam raga yang kuat terdapat jiwa yang sehat pula.
  4. Melakukan intervensi sesuai asuhan keperawatan yang universal dan SOP unit kerja yang berlaku dan disesuai dengan kondisi pasien. Sekarang ini pastilah kita tahu, setiap area kerja keperawatan pasti mempunyai SOP sendiri-sendiri. Setiap institusi pastilah sangat berlainan namun secara mendasar untuk tindakan yang sama pastilah sama prinsip dasarnya.
  5. Memenuhi hak dan kewajiban pasien, perawat, rekan kerja, dan instansi
  6. Mencatat apa yang dilakukan dan melakukan apa yang dicatat.
  7. Jangan lupa melakukan dokumentasi keperawatan sesuai standartnya
  8. Melakukan up grading skils dan menimba ilmu secara kontinue sebagai kesadaran individu maupun kolektif. Kenapa saya katakan sebagai sebuah kesadaran, karena memang ketika kita terlanjur menikmati rutinitas keseharian kita didalam kerja sepertinya nyaman saja. Kita akan lupa akan pentingnya menjaga keilmuan kita, karena telah disibukan dengan kerja yang menumpuk dan terkadang aktivitas keluarga ataupun masyarakat menyita konsentrasi kita. Akhirnya wawasan dan intelegensia kita jarang diupdate dan dilatih kembali. Sehingga ilmu yang jarang dipakai terlupakan atau bahkan ada beberapa skill kita turun kualitasnya karena jarang dipraktekan.
  9. Terus mengevaluasi diri atas kerja tiap harinya dan bertekad untuk terus menjadi pribadi yang lebih baik dari hari kehari. Hal ini sangatlah penting, karena tanpa kita sadari mungkin banyak sekali khilaf yang terjadi dalam berinteraksi dengan pasien, keluarga pasien, teman sejawat, atau bahkan keluarga sendiri ketika kita melaksanakan tugas sebagai perawat. Minimal ketika kita mengevaluasi kinerja tadi kita tahu dan tak mengulangi kekhilafan tadi serta memohon maaf jika bisa d ilakukan segera. Karena ketika sudah ada friksi yang terjadi walaupun sedikit hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dan rasa nyaman kita secara tidak langsung.

Ya itulah 10 langkah untuk sedikit banyak semoga bisa memenuhi rasa aman dan nyaman kita. Semoga teman sejawat bisa saling mengingatkan dan coba mempraktekannya. Bisa dimulai dari diri kita sendiri, mulai dari mana yang paling mudah kita lakukan.

Salam sukses selalu untuk Perawat Indonesia.

Friday, October 10, 2008

Pameran Pendidikan

Ingin melanjutkan studi?
Ingin tahu tentang perguruan tinggi di Eropa?
Kunjungi pameran pendidikan Eropa pertama dan terbesar di Indonesia!

European Higher Education Fair 2008

Eropa adalah benua yang harus dipertimbangkan bila anda berpikir untuk
melanjutkan studi. Selain bisa mendapatkan pendidikan terbaik dari universitas
ternama, kamu juga bisa mendapat pengalaman baru dan unik, belajar berbagai
bahasa asing, melihat tempat wisata yang menarik dan yang tidak kalah
pentingnya adalah bertukar budaya dan tradisi negara-negara Eropa.

Di European Higher Education Fair (EHEF) Jakarta 2008, kamu bisa mendapatkan
informasi seputar pendidikan tinggi Eropa. EHEF Jakarta adalah Pameran
Pendidikan Eropa terbesar dan pertama di Indonesia yang didanai oleh Uni Eropa
dan diselenggarakan oleh Campus France, DAAD, Nuffic dan British Council. EHEF
bertujuan untuk mempromosikan pendidikan tinggi di Eropa kepada masyarakat
Indonesia.

EHEF Jakarta akan dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal
Sabtu – Minggu / 1 - 2 November 2008

Tempat
Kartika Expo Centre, Balai Kartini
Jl. Jend. Gatot Subroto Kav. 37, Jakarta 12950

Waktu
10.00 – 18.00

Tanda
Masuk
GRATIS dan Terbuka untuk umum

Dapatkan:
  1. Kesempatan berkonsultasi langsung dengan lebih dari 90 perwakilan dari institusi pendidikan tinggi di Eropa
  2. Kesempatan mendapatkan informasi beasiswa dan kesempatan riset dari berbagai negara Eropa
  3. Presentasi mengenai pendidikan tinggi dari perwakilan negara-negara Uni Eropa
  4. Presentasi beasiswa Erasmus Mundus dari Komisi Uni Eropa

Daftarkan diri kamu secara online di http://www.ehef- jakarta.org/ register/,
untuk menghindari antrian masuk ke dalam pameran!

Informasi lebih lanjut silahkan kunjungi website kami www.ehef-jakarta. org
atau email ke info@ehef-jakarta. org atau telpon (021) 5290 2172 ext :
231

EHEF 2008 didukung oleh Koran Seputar Indonesia, SWA, HAI, Aneka Yess!, Campus
Asia, Kompas.com dan Jobstreet.

Link poster EHEF: http://nesoindonesi a.or.id/image/ posters/GIANT BANNER.jpg

Inilah kesempatan untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai pendidikan
tinggi Eropa !!!

Info Link Beasiswa yang masih di Akademik nich.....

Assalamualaikum wr.wb.,

Buat teman-teman jurusan kesehatan (FKM, FIK, FK), IT (ilmu komputer, teknik informatika) , dan Design (Graphic Design) ada peluang beasiswa di Ewha Womans University Master dibidang KESEHATAN LINGKUNGAN, IT dan GRAPHIC DESIGN. Durasi belajar 1.5 tahun. Beasiswa nya lengkap dari tuition fee sampe biaya hidup dan dorm, InsyaAllah cukup. Untuk informasi lebih lanjut buka di website IPTD http://home. ewha.ac.kr/ ~iptd/

pendaftarannya sampe akhir November (kalo ga salah). Syaratnya ga terlalu berlibet dibanding beasiswa yang lain2..jadi hayooo daftar:D

Email dari Obie A01